MAINFRAME

Mainframe adalah komputer yang umumnya digunakan oleh perusahaan skala besar untuk mendukung operasionalnya. Beberapa aplikasi yang ditangani adalah pengolahan database berkapasitas besar, seperti sensus penduduk, pemilihan umum atau transaksi finansial berkapasitas besar milik perbankan atau asuransi.

Mainframe masih terkesan komputer berukuran besar. Hampir berupa pisahan dari unit supercomputer, namun tetap memiliki perbedaan dari jumlah processor dan memori yang digunakannya. Jika supercomputer lebih terfokus pada banyaknya processor dan memori, sedangkan mainframe lebih terfokus pada kapasitas penyimpanan yang besar dan jalur komunikasi yang banyak dan cepat. Dengan berkembangnya teknologi dari waktu ke waktu, kemampuan dari mainframe inipun sedang dikejar oleh PC.


Karena ukuran dan kemampuan pemrosesan secara historis berkaitan, komputer besar selama ini disebut mainframe, sementara yang ukuran sedang disebut dengan minicomputer, dan komputer kecil disebut mikrokomputer. Superkomputer, sebuah kategori tambahan, mulai memiliki relevansi di luar komunitas penelitian dalam bisnis seperti telekomunikasi, yang memerlukan pemrosesan berkecepatan tinggi untuk menangani switching jaringan yang luas.


Ciri utama yang membedakan pengertian antara mini komputer dengan mainframe adalah, mainframe memiliki processor lebih dari satu. Dengan demikian, dari segi kecepatan proses mainframe jauh lebih cepat jika dibanding dengan mini komputer.


Komputer mainframe biasanya dipusatkan pada pusat data, telah lama menjadi sumber tenaga dari komputasi dunia bisnis.

0 komentar:

Posting Komentar